Cara Budidaya atau Beternak Jangkrik

http://www.caramudah.web.id/2014/09/cara-budidaya-jangkrik.html


Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah SWT yang sudah menurunkan ni'matnya untuk kita semua, terutama untuk saya yang sampai detik ini masih diberikan kesehatan, semoga kita semua menjadi orang yang bersyukur atas nimatnya. aamiin. dan alhamdulillah pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips Cara Budidaya atau Beternak Jangkrik,semoga bermanfaat buat anda yang ingin mempunyi usaha modal kecil namun untungnya lumayan menjanjikan.

Sebelum kita membahas tentang tips cara budidaya jangkrik, ada baiknya kita berkenalan dengan mahluk Tuhan yang lucu ini.  Pengertian Jangkrik menurut wikipedia adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, mempunyai antena panjang, dan menghasilkan suara unik yang hanya bisa dilakukan oleh jangkrik jantan. Sebenarnya jangkrik sudah lama dipelihara oleh manusia, malah sebagian masyarakat di Asia jangkrik di anggap pembawa keberuntungan, hemmm, betul gak ya,? ake deh kita sudh cukup berkenalan dengan jangkrik, Kita lanjutkan bagaimana tentang cara budidaya jangkrik.

Cara budidaya jangkrik sangat mudah, biaya yang dikeluarkan juga sangat murah, waktu yang dibutuhkan juga agak sedikit luang, jadi budidaya jangkrik bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa hanya untuk usaha sampingan atau usaha pokok,yang jelas jika kita sudah tahu cara beternak jangkrik dengan benar, maka mungkin saja ternak jangkrik bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan besar buat kita.

Langkah-langkah yang harus di persiapkan dalam cara budidaya jangkrik :
  • Membuat kandang Jangkrik
Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah membuat kandang jangkrik, kandang jangkrik bisa kita buat hanya berbentuk kotak, kurang lebih ukuran kotaknya  panjang 1 meter, lebar 0,5 meter dan tinggi 0,6 meter, gunakanlah bahan pinggiran kotak yang licin seperti dari bahan seng agar jangkrik tidak mudah merayap dan loncat ke atas. kotak seperti ini bisa menampung kurang lebih 500 ekor jangkrik.
Buatlah dua kandang jangkrik yang satu kandang berfungsi untuk pemeliharaan, dan kandang atunya untuk perkawinan.
  • Membuat Landasan di dalam kandang
Agar jangkrik tumbuh berkembang dengan baik, buatlah landasan di dalam kandang tersebut yang sudah kita buat, landasan kandang bisa menggunakan bahan pasir, tuangkanlah pasir ke dalam kandang secara merata kira-kira  1-2 inc, fungsinya selain baik untuk pertumbuhan jangkrik, pasir ini sebagai arena bermain dan berjalan, dan menjaga agar kanang tetap kering.
  • Siapkan bibit jangkrik
Langkah selanjutnya cara budidaya jangkrik adalah menyiapkan bibit jajngkrik, anda bisa menentukan berapa yang akan dikembangbiakan, bisa dari mulai jumlah 50 ekor atau lebih, usahakan dalam pengembangbiakan jangkrik awalnya harus di perbanyak jangkrik betina, agar cepat memperoleh bibit yang kita inginkan. Cara membedakan jangkrik betina atau jantan bisa dilihat di ekor yang memiliki buntut panjang seperti jarum itu adalah jangkrik betina, dan juga bisa membedakan dari bulu, kalau jantan mempunyai bulu yang kriting, sedangkan betina mempunyai bulu halus.
  • Persiapkan pakan jangkrik
Pakan/makanan jangkrik yang sangat di gemari dan sangat baik untuk pertumbuhannya adalah seperti : bayam, buah, kentang, dan juga jenis sayuran lainnya. Hindari makanan jangkrik yang terlalu basah, agar kondisi kandang tetap kering.
  • Menjaga suhu kandang agar tetap hangat
Menjaga suhu kandang sangat penting diperhatikan karena ini akan membantu mempercepar proses penetasan telur, suhu kandang yang normal adalah 80-90 ferenheit. Bisa menggunakan alat tambahan untuk menjaga suhu kandang seperti bohlam lampu.
  •  Mengawinkan Jangkrik
Langkah selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah mengawinkan jangkrik, mengawinkan jangkrik bisa dilakukan setelah tahap pemeliharaan sekitar dua minggu, setelah itu jangkrik siap dikembangbiakan. Setelah meletakan telur anda bisa mengganti kotak pemeliharaan dengan yang baru, perlahan-lahan sambil melihat melihat masa perkawinan anda akan melihat jangkrik menancapkan telur ke media pasir
  • Inkubasi Telur
Letakan telur di tempat yang memiliki suhu 80-90 farenhite, telur akan segera menetas dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu, dan anda akan melihat jangkrik kecil keluar dari dalam pasir. Lalu pindahkan anak jangkrik ke kandang yang baru seperti anda meletakan indukan jangkrik pertama kali.

Demikian tips dari saya tentang cara budidaya jangkrik, semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda yang tertarik untuk memulai usaha bisnis jangkrik. Sumber artikel ini hasil saya membaca blog dan buku, jika ada yang kurang silahkan anda menambahkan di kolom komentar, terimaksih.

Anda bisa browsing di internet siapa saja yang sudah sukses menjalankan usaha bisnis ternak jangkrik, sebagai tambahan motivasi bahwa ternak jangkrik sangat menjanjikan.

0 Response to "Cara Budidaya atau Beternak Jangkrik"

Poskan Komentar