Cara Budidaya Atau Ternak Ikan Lele

Cara Budidaya Atau Ternak Ikan Lele yang benar dan mudah agar menghasilkan sesuai dengan yang kita harapkan, langkah yang saya akan share adalah yang sudah dipraktekan oleh para pengusaha ikan lele, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat anda yang ingin mempunyai usaha sendiri.

Langkah-langkah yang perlu dipersiapkan adalah :


  1. Pembuatan Kolam Tempat Ikan Lele
  2. Pemilihan Bibit Ikan Lele Yang bagus
  3. Persiapan Pakan Ikan Lele
  4. Cara Pengolahan Air Untuk Ikan Lele
Lima langkah di atas adalah persiapan yang wajib dilakukan dan diadakan, jika salah satu tidak ada dalam daftar persiapan anda, maka saya jamin cara budidaya ikan lele yang akan anda jalankan tidak akan berhasil dan maksimal.

1. Pembuatan Kolam Tempat Ikan Lele

Dari beberapa jenis kolam ikan lele yang mungkin sudah kita ketahui pilihlah mana yang cocok dan sesuai dengan lokasi atau keinginan anda, karena setiap jenis kolam mempunyai keunggulan dan kelemahan masin-masing. Atau sesuaikan juga dengan kondisi lingkungan dan tentu Dana yang anda miliki.

Tipe dan jenis kolam ikan lele yang sudah sering digunakan adalah : 
  • Kolam Semen
  • Kolam Plastik/Terpal
  • Kolam Tanah
  • Keramba, dan
  • Jaring Apung
Pada tips Cara Mudah Budidaya Ikan Lele kali ini adalah kita akan membahas tentang budidaya ikan lele di kolam tanah, karena kolam ini yang banyak sekali digunakan oleh para pengusaha budidaya ikan lele. Dan langkah-langkah pengolahan kolam tanah seperti di bawah ini :

A. Persiapan Pengolahan Tanah 

Sebelum kita menebarkan benih ikan lele di kolam yang sudah jadi, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengeringkan kolam selama 4-7 hari, atau sesuai dengan kondisi cuaca, jika tanah sudah terlihst retak maka kolam sudah menandakan kering, pengeringan kolam ini bertujuan agar bisa membunuh bibit penyakit seperti mikroorganisme yang berbahaya terhadap bibit ikan, bibit ikan sangat sensitif terhadap penyakit.

Mikroorganisme bisa terbentuk akibat zat-zat atau dari ikan terdahulu jika memang kolam ini sudah terpakai, dan jika memang sudah kering permukaan kolam tanah ini, lakukanlah pencangkulan tanah dengan membalikkan permukaan tanah ke bawah.

B. Pengapuran dan Pemupukan

Langkah persiapan pengolahan tanah selanjutnya adalah pengapuran tanah berfungsi agar zat asam tanah seimbang, kemudian pengapurn tanah juga berfungsi membunuh mikroorganisme patogen, jenis kapur yang digunakan adalah kapur tohor atau dolomit.

Cara melakukan pengapuran adalah dengan menebarkan kapur keseuruh permukaan tanah kolam, setelah tanah ditebari kapur dengan merata, tanah kemudian dibalik agar kapur meresap merata sampai kebawah, banyaknya kapur yang digunakan adalah 250-750 gram per meter persegi, atau disesuaikan dengan tingkat keasaman tanah, semakin tinggi kadar asamnya semakin banyak kapur yang diperlukan.

Kemudian pemupukan menggunakan pupuk oraganik, yaitu pupuk kandang dan pupuk kompos 250-500 gram per meter persegi, tambahkan pupuk kimianya yaitu Urea dan TSP, masing-masing 10-15 gram per meter persegi, pemupukan berfungsi untuk menyediakan nutrisi bagi biota dan cacing, yang berguna untuk makanan alami bibit lele yang baru di tebar.

C. Pengaturan Air Kolam

Air yang ideal untuk budidaya ikan lele adalah mempunyai ketinggian 100-120 cm, pengisian air kolampun harus bertahap, pertama ketinggian air 30-40 cm  biarkan selama 1 minggu agar terkena sinar matahari dasar kolamnya, ini bertujuan aga biota yang dibutuhkan tumbuh dengan baik. Setelah satu minggu maka tambahkan air setinggi 100-120 cm. dan benih ikan lele pun siap ditebar.

2. Pemilihan Bibit Ikan Lele Yang bagus

Pemilihan bibit ikan lele yang bagus adalah salah satu persiapan yang sangat wajib anda lakukan, karena bibit ikan yang bagus akan menetukan kualitas panen nanti kelak, pilihlah bibit unggulan yang anda bisa dapatkan di peternak bibit ikan lele yang sudah terkenal, yang bagus jenis bibit ikan lele adalah ikan lele Sangkuriang yang di kembangkan oleh BBPBAT SUKABUMI.

Bibit ikan lele yang akan ditebar harus yang unggul atau bagus, ciri-cirinya adalah ikan sangt lincah dan gesit, tidak ada cacat atau luka di tubuhnya, bibit ikan lele yang kualitasnya bagus sangat penting karena bisa tahan terhadap penyakit.

3. Persiapan Pakan Ikan Lele

Selain sangat pentingnya jenis pakan ikan lele, ternyata pakan ikan lele ini adalah bagian pembiayaan budidaya ikan lele yang paling besar, kulitas pertumbuhan ikan akan ditentukan dari kualitas pakan tersebut, dan semakin bagus kualitasnya biasanya akan semakin mahal, dan yang membuat biaya pakan ini sangat besar adalah karena pemberian pakan ini harus dilakukan secara rutin dalam sehari4 kali, pagi, siang. sore dan malam tidak boleh terlewat atau lupa.

  • Pakan Utama ikan lele adalah jenis pakan yang mengandung protein hewani, ikan lele pada umumnya membutuhkan protein 30%, Lemak 4-16%, Karbohidrat 15-20%, sisanya adalah vitamin dan mineral.
  • Pakan Tambahannya adalah ampas tahu, keong mas dan limbah ayam
4. Cara Pengolahan Air Untuk Ikan Lele


Hal yang sangat penting dalam budidaya ikan lele adalah memperhatikan juga kualitas air kolam, air kolam harus tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya, jangan sampai air kolam sampai berbau busuk karena sisa pakan yang mengendap didasar kolam, jika sudah berbau maka gantilah sepertiga iar kolam dengan air yang baru, kolam ikan yang bagus adalah dekat dengan aliran sungai atau selokan, agar setiap pergantian air mudah dilakukan.

Demikian sekelumit tips cara mudah budidaya atau ternak ikan lele, jika anda kurang mengerti atau kurang jelas anda bisa mencari lagi referensi artikel lain, semoga tips ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang hendak berwirausaha budidaya ikan lele. Terimakasih

3 Responses to "Cara Budidaya Atau Ternak Ikan Lele"

  1. terimakasih banyak bos, salam sejahtera
    http://ramuantradisionalkita.com/

    BalasHapus
  2. thanks sob
    http://ramuantradisionalkita.com/

    BalasHapus
  3. kunjungi blog saya yach teman2 di http://chaniaj.blogspot.com
    banyak artikel yang bisa anda baca,kunjungi juga situs kami http://www.oliviaclub.com
    poker indonesia, poker terpercaya, situs poker, poker terbesar, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia,
    poker online, turnover poker.
    https://www.facebook.com/oliviaclubpk?ref=hl
    https://www.youtube.com/watch?v=nZeVknRm8fQ&feature=youtu.be ( OLIVIA)
    https://www.youtube.com/watch?v=4O3DiOiiOf8


    diharapkan kunjungan baliknya yach,,makacih...

    BalasHapus