Bengkel Las


http://www.caramudah.web.id/2014/11/bengkel-las.html
Alhamdulillah setelah sekian lama sudah jarang update karena kesibukan offline yang menyita, akhirnya sekarang bisa lagi posting artikel di blog ini,  Blogger Indonesia, pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips wirausaha tentang Bengkel Las, semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang ingin mempunyai wirausaha sendiri.

Bengkel las adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa pengelasan, bisa las listrik, las assetelin, las karbit, las argon dan las babet. Pengerjaan yang biasa dilakukan dari setiap bengkel las berbeda-beda tergantung dari kriteria tehnik pengelasan. Dari setiap kriteria tersebut biasanya mengerjakan produk yang berbeda, dan jenis logam yang berbeda pula.


Macam-macam Bengkel Las :
  1.  Bengkel las Teralis
Bengkel las teralis biasanya menerima dan mengerjakan jasa pembuatan teralis besi, pagar besi, pintu besi, kanopi rumah, tangga putar, kontruksi baja, dan lain-lain. Alat yang di gunakan :
  • Mesin trafo las
  • Mesin gerinda
  • Mesin Bor tangan dan duduk
  • Mesin cutting
  • Gunting besi beton
  • Gunting Plat
  • Mesin Kompresor
  • Alat -alat  pelengkap seperti : meteran, sekon, palu/martil, paron dan pahat
Pemilihan tempat untuk bengkel las harus strategis, yang paling bagus selain pinggir jalan raya utama, usahakan lebih dekat ke sekitar pemukiman atau perumahan baru, lebih bagus perumahan yang menengah ke atas, selain harga jual yang lumayan tinggi, volume pengerjaannya pun lumayan besar jika mengerjakan satu rumah full.
Workshopnya harus tersedia listrik dengan daya minimal 2200 watt, namun itu hanya bisa dipakai untuk mengelas dengan satu mesin trafo las saja, belum lagi ditambah mesin cutting yang lumayan besar dayanya. yang paling ideal adalah listrik dengan daya 3500 watt, itu bisa di pakai untuk 2 mesin las dan cutting sekaligus secar bersamaan.

Untuk anda yang ingin mencoba menekuni usaha bengkel las teralis, saya sarankan untuk bisa menguasai tehnik pengukuran dan marketing, karena untuk dua hal itu sangat penting dikuasai, pengukuran sangat penting karena semua produk bengkel las harus disertai pengukuran yang pas dan akurat. Begitu juga dengan marketing, karena setiap perusahaan besar atau kecil ujung tombaknya adalah di marketing. Marketing bisa dilakukan dengan dor to dor atau rumah ke rumah menawarkan produk bengkel las, atau bisa dibantu dengan internet marketing, seperti menggunakan website, contoh bengkel las yang menggunakan internet marketing adalah seperti bengkel las yang berada di jakarta ini yaitu www.jayalas.org , bengkel las ini menggunakan website juga untuk membantu marketingnya.


     2. Bengkel Las Karbit

Bengkel las karbit biasanya mengerjakan pengelasan besi-besi plat tipis, seperti pengerjaan karoseri mobil, body mobil, knalpot, sepeda, dll, contoh dari bengkel las karbit seperti bengkel las ketok magic. alat yang digunakan :
  • Tabung las karbit
  • Tabung Oksigen
  • Mesin gerinda
  • Mesin Bor
  • Mesin kompresor
  • Alat pelengkap lainnya
Pemilihan tempat yang strategis sama pinggir jalan raya utama, namun lebih bagus dekat area pasar, pergudangan, terminal dan tempat-tempat yang dekat dengan banyak kendaraan. Listrik yang digunakan cukup berdaya 2200watt. Cara pemasaran atau marketingnya bisa lewat internet marketing, kadang ada juga yang keliling, namun biasanya bengkel las karbit hanya menunggu konsuen yang datang, yang akan menggunakan jasa pengelasan.

Sebenarnya masih ada jenis bengkel las yang lain seperti bengkel las bubut dan bengkel las babet, namun karena tangan saya sudah agak sedikit pegal, maka mudah-mudahan tentang bengkel las bubut bisa saya bahas untuk lain waktu. Semoga artikel yang sedikit ini tentang bengkel las bisa menambah wawasan anda, dan semoga bisa menjadi masukan anda untuk mempunya usaha baru. Terimakasih, semoga bermanfaat.
















































0 Response to "Bengkel Las"

Poskan Komentar